Minggu, 07 Januari 2024

Piala Asia 2023 Sudah di Dekat Depan Mata, Pemain Timnas Indonesia Diharapkan Segera Nyetel Formasi


 TaktikParlay - Waktu yang dimiliki Timnas Indonesia untuk bersiap menghadapi Piala Asia 2023 sudah semakin menipis. Shin Tae-yong harus memaksimalkan sisa waktu yang ada untuk mematangkan skuad Garuda.

Perjalanan Timnas Indonesia menuju Piala Asia 2023 diwarnai dua kekalahan beruntun pada pertandingan uji coba. Dalam pemusatan latihan (TC) di Turki, skuad Garuda harus mengakui keunggulan Libya setelah tumbang dengan skor 0-4 dan 1-2.

Dari dua pertandingan ini, Shin Tae-yong memang memaksimalkan masing-masing momen untuk memberikan kesempatan bermain kepada anak asuhnya. Pada laga pertama, nyaris semua pemain diturunkan.

Adapun pada laga kedua, juru taktik asal Korea Selatan itu mulai menjajal komposisi pemain terbaiknya. Performa pemain naturalisasi pun menjadi sorotan. Mereka diharapkan bisa menjadi tulang punggung pada Piala Asia 2023.

Kekuatan Squad Inti



Mantan pemain dan pelatih Persik Kediri, Aris Budi Sulistyo, mengatakan Shin Tae-yong harus segera mencari komposisi inti dari skuad Timnas Indonesia. Waktu yang ada harus dimaksimalkan dengan baik jelang Piala Asia 2023.

Dia juga berharap, Shin Tae-yong bisa memaksimalkan pemain-pemain yang memiliki jam terbang tinggi pada kejuaraan ini. Hal ini karena mayoritas materi yang dibawa merupakan pemain-pemain muda.

“Piala Asia 2023 tinggal seminggu lagi. Matangkan dahulu skuad intinya. Mungkin bisa memainkan mereka-mereka yang punya jam terbang tinggi,” kata Aris Budi saat dihubungi Bola.com.

“Pemain-pemain dengan pengalaman ini khususnya pemain naturalisasi. Harus benar-benar dimanfaatkan waktu yang tersisa,” imbuhnya.


Harus Beradaptasi Dengan Cepat



Selain itu, Aris Budi juga menilai kehadiran para pemain naturalisasi sangat penting di Timnas Indonesia. Oleh karena itu, mereka harus segera beradaptasi agar bisa nyetel dengan permainan Shin Tae-yong.

“Pemain naturalisasi juga perlu nyetel dengan tim ini. Mau tidak mau harus dihadapi. Timnas Indonesia punya ciri khas dalam bermain,” ujar Aris Budi.

“Kita bisa melihat Prancis dan Mali saat mereka bermain di Piala Dunia U-17 2023 kemarin. Mereka punya gaya bermainnya masing-masing,” tambahnya.


Menuju Piala Asia 2023


Selama menggelar TC di Turki, Skuad asuhan Shin Tae-yong juga bakal beruji coba dengan Timnas Libya pada 2 dan 5 Januari 2024 di Antalya, Turki dan Timnas Iran pada 9 Januari 2024 di Qatar.

Pada Piala Asia 2023 yang akan bergulir selama 12 Januari-10 Februari 2024 ini, skuad Merah Putih tergabung di Grup D dan bersaing dengan sejumlah negara elite seperti Jepang, Irak, dan Vietnam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.